Latest News

10 Tips Cara Alami Mengatasi Demam

10 Tips Cara Alami Mengatasi Demam
10 Tips Cara Alami Mengatasi Demam - Banyak Cara alami menurunkan demam, Namun terkadang orang menginginkan cara instan untuk semua hal tanpa memikirkan efek nya. Memakai obat-obatan yang ada di pasaran boleh, namun anda harus cermat dalam memilih obat yang baik untuk dikonsumsi, karena apabila tidak cermat dalam pemilihan obat dapat membahayakan.

Pertama kita perlu mengenal jenis-jenis demam. Demam pada anak dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu:

1. Demam karena infeksi yang suhunya bisa mencapai lebih dari 38°C. Penyebabnya beragam, yakni infeksi virus (seperti flu, cacar, campak, SARS, flu burung, demam berdarah dan lain-lain) dan bakteri (tifus, radang tenggorokan dan lain-lain).
2. Demam noninfeksi, seperti kanker, tumor, atau adanya penyakit autoimun seseorang (rematik, lupus dan lain-lain).
3. Demam fisiologis, seperti kekurangan cairan (dehidrasi), suhu udara yang terlalu panas dan lain-lain.

Cara-cara menurunkan demam dengan cara alami yang bisa Anda lakukan sebelum mengkonsumsi obat penurun panas:

1. Berendam di air hangat
Mungkin terdengar aneh tapi ini adalah obat alami yang cukup manjur untuk mengobati demam. Isi bak mandi dengan air hangat suam-suam kuku dan berendamlah di dalamnya. Beberapa saat kemudian, tubuh pun akan terasa segar dan demam mulai hilang perlahan.

2. Terapi spons
Terapi ini merupakan salah satu cara populer untuk menurunkan demam secara alami. Rendam sebentar spons basah ke dalam air dingin lalu letakkan di bagian tubuh yang panas misalnya dahi atau kaki. Ulangi cara ini beberapa kali,

3. Gunakan putih telur atau bawang merah
Rendam handuk atau lap di dalam putih telur atau perasan air parutan bawang merah. Kemudian, kompreskan handuk tersebut di sepanjang kaki dan tutup dengan kaus kaki. Ganti handuk jika dirasa sudah kering. Metode ini bereaksi setelah 15 menit sampai satu jam. Atau, langsung merendam kaus kaki di putih telur lalu menggunakannya pun tak masalah.

4. Minum air
Ketika panas dalam tubuh meningkat, itu tanda bahwa Anda kekurangan cairan tubuh hingga menyebabkan dehidrasi. Pastikan Anda terhidrasi dengan baik selama demam. Dengan begitu, perlahan suhu tubuh pun akan turun.

5. Pasta kaki
Haluskan bawang putih dan campurkan dengan sedikit minyak kelapa atau minyak zaitun. Setelah itu, oleskan di bagian tubuh yang panas dan gunakan pasta kaki itu sampai keesokan harinya jika memang digunakan malam hari.

6. Turunkan suhu ruangan
Jagalah supaya suhu kamar sedikit lebih rendah. Kondisi ini akan membuat kamar tetap dingin sehingga tubuh lebih nyaman. Jika tidak ada pendingin ruangan, Anda juga bisa menggunakan kipas angin.

7. Sup hangat
penelitian dibikin untuk mengonsumsi sup ayam sesaat pada orang demam tunjukkan bahwa beberapa bahan sup ayam betul-betul bisa kurangi pembengkakan rongga hidung serta menolong didalam pengobatan lebih cepat dari flu biasa. disamping itu sup ayam bisa berikan protein dari ayam, zat mutlak untuk tubuh kita untuk membangun antibodi untuk melawan virus.

8. Pakai humidifier
Perangkat ini merupakan metode yang baik untuk membuat udara lebih lembab. Hal ini dapat membantu untuk menjaga rongga hidung dalam bentuk cair dan dengan demikian menghindari pemblokiran hidung. Bila menggunakan humidifier pastikan untuk membersihkan secara teratur untuk memblokir kemungkinan mentransfer jamur di udara.

9. Istirahat
Salah satu faktor yang paling penting dalam pengobatan demam adalah tidur yang baik dan umumnya santai. Anda perlu banyak beristirahat agar tubuh Anda dapat melawan virus demam dengan lebih baik, lebih cepat dan lebih efisien. Jika Anda memiliki demam Anda pasti harus tinggal di rumah, matikan ponsel Anda dan cobalah untuk bersantai. Kebanyakan orang cenderung untuk mencoba dan mengatasi demam dengan tidak beristirahat. Saran ahli adalah untuk tinggal di rumah dan bersantai selama dua hari di lingkungan yang hangat. Suhu yang khas bisa menjadi 24-25 Celcius (75,2 F).

10. Perhatikan diet Anda
Meskipun tidak terbukti bahwa diet dapat membantu Anda menyembuhkan dari dingin, makan buah-buahan dan sayuran penuh dengan vitamin C dapat membantu Anda mengatasi lebih cepat dari demam. Vitamin C memperkuat perlindungan tubuh, melindungi dari penyakit virus dan memberikan kontribusi untuk berfungsi lebih baik dari sel darah putih, yang berperan untuk melawan virus. Makanan lain, yang dapat membantu Anda dalam memulihkan lebih cepat dari demam, meliputi:
  • Bawang putih
  • Madu
  • Pepermin
  • Jeruk, lemon, jeruk, peterseli, seledri, kembang kol
  • Makanan yang mengandung zinc

5 Responses to "10 Tips Cara Alami Mengatasi Demam"

  1. beuhh mantep artikelnya gan. Lengkap, padat dan jelas, cocok untuk ane yang suka demam :D

    BalasHapus
  2. Demam Ku Hilang Gara Gara Baca Postingan Nya :v

    BalasHapus
  3. kalau saya biasanya cukup istirahat dan banyak minum air putih min

    BalasHapus
  4. Kayaknya paling ampuh sup hangat deh gan seger soalnya

    BalasHapus
  5. mksh gan
    kebetulan ane skrng lg demam pas bgt baca artikel agan

    BalasHapus