Latest News

7 Cara Mengatasi Batu Ginjal

7 Cara Mengatasi Batu Ginjal
7 Cara Mengatasi Batu Ginjal - Apakah saat Anda buang air kecil kemudian mengalami adanya darah di urin disertai dengan adanya serpihan batu?
Bila iya, maka waspadalah kemungkian Anda mengalami batu ginjal.
Material yang berasal dari sisa-sisa zat limbah dari dalam tubuh yang diproses oleh ginjal apabila mengendap dan mengkristal dapat menjadi batu ginjal. Bentuknya yang keras menyerupai batu dan berada di daerah ginjal maka itu disebut dengan batu ginjal.
Adanya endapan batu di dalam ginjal dapat disebabkan oleh makanan, gangguan kesehatan dan penyebab lainnya.

Gejala batu ginjal
Pada awalnya tidak semua penderita merasakan gejala saat mengalami batu ginjal. Apabila batu ginjal tersebut berukuran kecil maka akan dengan mudah melewati saluran kemih dan keluar dari dalam tubuh dalam bentuk serpihan. Apabila batu ginjal berukuran besar biasanya akan menyebabkan rasa nyeri dan melukai dinding saluran kemih, sehingga akan ditemukan darah di dalam urin.
Gejala lainnya adalah rasa nyeri pada perut dan punggung bagian bawah, pinggang, serta selangkangan. Nyeri tersebut bisa timbul dan hilang sesuai dengan pergerakan batu tersebut.
Batu ginjal lebih sering dialami oleh pria dibanding wanita hal ini disebabkan adanya perbedaan bentuk anatomi tubuh wanita dan pria. Apabila batu ginjal tidak ditangani dengan baik maka akan berakhir dengan kerusakan pada ginjal.
Sebelum hal ini terjadi, ada beberapa hal yang dapat membantu Anda menghindari terjadinya batu ginjal, seperti ulasan dibawah ini:

1. Jaga berat badan tetap stabil
Seseorang yang memiliki berat tubuh yang berlebih dan memiliki ukuran pinggang yang lebih besar memiliki risiko mengalami batu ginjal yang lebih tinggi. Oleh karena itu jaga berat badan Anda tetap stabil dengan menjalani pola hidup yang sehat seperti makan makanan yang bergizi seimbang dan olahraga teratur.

2. Minum banyak air
Perbanyak minum air putih setiap hari untuk membantu ginjal membuang semua racun dari dalam tubuh Anda. Air juga membantu tubuh untuk mempertahankan volume dan konsentrasi darah. Jadi pastikan Anda minum air putih yang cukup setiap harinya minimal 2 liter atau 8 gelas dalam sehari.

3. Hindari konsumsi obat tanpa pengawasan dokter
Setiap jenis bahan kimia yang masuk kedalam tubuh harus melewati ginjal untuk dilakukan penyaringan. Apabila Anda konsumsi obat secara berlebihan maka akan membuat kerja ginjal menjadi berat. Hal inilah yang akan memicu terbentuknya batu ginjal. Oleh karena itu konsumsilah obat sesuai ketentuan dokter.

4. Hati-hati mengkonsumsi suplemen dan obat-obatan herbal atau jamu
Apabila Anda konsumsi suplemen berlebihan seperti mengandung vitamin dosis tinggi dan suplemen herbal secara berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal. Sebelum Anda konsumsi suplemen dan obat-obatan herbal atau jamu sebaiknya Anda melakukan konsultasi dengan dokter.

5. Batasi konsumsi garam
Konsumsi garam secara berlebihan akan memicu pembentukan batu ginjal. Sehingga kurangi konsumsi garam secara berlebihan. Usahakan untuk selalu baca label makanan, mengenai kandungan garam atau natrium dalam makanan tersebut. Biasanya makanan olahan mengandung banyak garam.

6. Kurangi asupan protein hewani
Makanan yang mengandung purin tinggi seperti daging merah, berisiko meningkatkan asam urat sehingga mempercepat pembentukan salah satu bentuk batu ginjal. Batasi asupan protein hewani Anda hingga 6 ons atau kurang per hari untuk membantu mengurangi risiko pembentukan semua jenis batu ginjal.

7. Kurangi asupan alkohol
Konsumsi alkohol berlebihan akan meningkatkan asam urat dalam aliran darah, yang dapat berkontribusi membentuk batu ginjal.
Banyak cara untuk merusak tubuh Anda, namun ada juga banyak cara untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Jadi Anda akan memilih yang mana?

2 Responses to "7 Cara Mengatasi Batu Ginjal"