Latest News

9 Tipe Demam Yang Harus Anda Ketahui

9 Tipe Demam Yang Harus Anda Ketahui
9 Tipe Demam Yang Harus Anda Ketahui - Demam adalah penyakit yang sering terjadi. Kebanyakan dari kita cenderung menganggap demam sebagai infeksi biasa atau demam biasa. Tetapi ada beberapa macam demam yang bisa mematikan jika dibiarkan tanpa pengobatan. Dahulu, ketika parasetamol belum ditemukan, banyak orang meninggal disebabkan oleh demam.

Saat ini kematian yang disebabkan oleh demam sangar jarang tetapi bukan berarti tidak pernah terjadi. Sangat penting untuk Anda mengenal berbagai macam tipe demam sehingga Anda mengetahui dengan pasti bagaimana mengobatinya. Kebanyakan kasus demam disebabkan infeksi virus. Beberapa infeksi virus seperti demam berdarah atau malaria dapat berakibat fatal.  Ada beberapa tes yang bisa dilakukan untuk mengetahui penyebab pasti dari demam dan akan mempermudah dokter mendiagnosa kondisi Anda.

Berikut adalah beberapa tipe demam yang harus Anda waspadai. Setiap jenis demam mempunyai gejala khas yang Anda bisa identifikasi.

1. Infeksi virus
Infeksi virus normal dapat menyerang Anda selama 9 hari. Menurut kondisi medis, diperlukan tiga hari untuk virus berinkubasi, tiga hari berikutnya Anda akan mengalami panas tinggi dan tiga hari kemudian panas akan turun. Biasanya jenis demam ini diikuti oleh infeksi tenggorokan.

2. Demam Berdarah
Demam berdarah adalah salah satu jenis demam yang mematikan dan sering menjadi wabah. Demam ini terjadi karena gigitan nyamuk aedes aegypti dan sering menimbulkan nyeri tubuh. Anda akan mengalami demam tinggi kemudian beberapa hari kemudian suhu turun. Pada kondisi yang berat, demam berdarah dapat menimbulkan perdarahan.

3. Malaria
Malaria juga salah satu jenis demam yang disebabkan oleh gigitan nyamuk. Orang-orang yang tinggal didaerah tropis dapat mengalami demam ini. Demam tinggi merupakan tanda utama dari malaria. Malaria juga dapat mengancam jiwa saat menyebar dan mempengaruhi otak.

4. Typhoid
Typhoid adalah jenis demam yang terjadi saat ada infeksi perut. Jiak Anda mengkonsumsi makanan dan minumam yang terinfeksi bakteri salmonela, maka kemungkinan Anda akan mengalami demam tinggi disertai nyeri kepala berat dan diare.

5. Meningitis
Meningitis adalah tipe demam karena infeksi di lapisan otak, jaringan lunak di otak dan sistem syaraf. Saat demam ini muncul artinya terjadi kerusakan otak yang diikuti kejang dan nyeri kepala.

6. H1N1-flu babi
H1N1 atau flu babi merupakan jenis infeksi yang menyebabkan influensa dan demam. Virus ini juga dapat menimbulkan demam tinggi, infeksi tenggorokan dan inflamasi di paru-paru. Kembali ke tahun 2010 saat H1N1 banyak menyerang dan menimbulkan kematian, tetapi saat ini sudah ditemukan pengobatan tamiflu. Bagaimanapun sangat penting untuk mendeteksi demam ini secepatnya.

7. HIV
Salah satu tanda awal infeksi HIV adalah demam sedang tetapi persisten dan tidak dapat hilang walaupun sudah mengkonsumsi obat. Jiak Anda mengalami demam terus menerus selama satu minggu atau lebih, dan Anda juga memiliki faktor resiko HIV segeralah periksa untuk HIV.

8. Infeksi saluran kemih
Terkadang infeksi saluran kemih dapat menimbulkan demam. Mungkin demam yang timbul tidak tinggi, tetapi diikuti oleh nyeri pada perut bagian bawah dan rasa terbakar saat berkemih.

9. Kanker darah
Mereka yang menderita kanker darah sering mengalami demam yang sedang dan terus menerus selama periode waktu tertentu dan dapat terjadi beberapa bulan. Hal ini terjadi karena peningkatan dari sel darah putih.

3 Responses to "9 Tipe Demam Yang Harus Anda Ketahui"

  1. Harus melakukan pencegahan :v

    BalasHapus
  2. deuhh nambah lagi referensinya nih, makasih infonya gan, top banget dah. Kalau bisa kasih penanganannya biar yang mengalami bisa tahu tindakan yang akan diambil :D

    BalasHapus
  3. oh jadi typoid menyebabkan demam juga toh....kenapa gejala tipes ga masuk ya....padahal banyak menyebabkan kesalahan diagnosa antara tipes dengan DBD...

    mampir gan ke kelasasyik.com

    BalasHapus