Latest News

6 Jenis Makanan Pencegah Timbulnya Jerawat

6 Jenis Makanan Pencegah Timbulnya Jerawat
6 Jenis Makanan Pencegah Timbulnya Jerawat - Banyak orang telah menyadari bahwa makanan yang mereka makan dapat mempengaruhi keadaan kulit wajah mereka, yaitu jerawat. Jerawat sendiri terbentuk karena ada gangguan pada proses penggantian sel-sel kulit yang menyebabkan kelenjar minyak dan pori-pori kulit tersumbat oleh sel-sel kulit mati. Akibatnya, minyak dan protein akan terperangkap di bawah kulit dan menjadi makanan bagi bakteri penyebab jerawat (P. acnes) dan memicu timbulnya jerawat.

Untuk mengganti sel-sel kulit yang telah rusak dan mati, kulit membutuhkan berbagai vitamin dan nutrisi penting, yang diperoleh tubuh dari makanan. Akan tetapi, karena makanan hanya mempengaruhi sekitar 25% kasus jerawat, maka sebenarnya tidak ada makanan super yang dapat mencegah terbentuknya jerawat. 75% kasus jerawat terjadi akibat perubahan kadar hormonal, stress, kurang tidur, dan tempat tinggal seseorang. Selain itu, perawatan kulit yang dilakukan oleh seseorang juga turut mempengaruhi timbulnya jerawat.

Intinya, bila Anda ingin memiliki kulit yang sehat dan bebas jerawat, konsumsilah makanan yang sehat. Konsumsilah makanan rendah lemak, segar, dan hindari berbagai jenis daging dan produk susu yang dipenuhi oleh hormon, serta kurangi konsumsi cokelat, kentang goreng, dan junk food lainnya.

Ingin tahu nutrisi penting apa saja yang dapat membantu mencegah timbulnya jerawat, yang dapat dengan mudah Anda temukan di dalam berbagai jenis makanan? Di bawah ini Anda dapat melihat beberapa jenis vitamin, mineral, dan nutrisi penting lainnya yang dapat mencegah timbulnya jerawat dan menjaga kulit agar tetap sehat.

1. Vitamin A
Vitamin A dapat membantu mengatur proses penggantian kulit, sehingga tidak ada protein dan minyak yang terperangkap di bawah kulit. Beberapa jenis makanan yang mengandung banyak vitamin A adalah minyak ikan, ikan salmon, wortel, bayam, dan brokoli. Akan tetapi, karena mengkonsumsi terlalu banyak vitamin A dapat menimbulkan efek samping berbahaya, batasilah konsumsi vitamin A Anda hanya sebesar 10.000 IU setiap harinya dan jangan perah mengkonsumsi suplemen vitamin A saat sedang hamil atau menyusui.

2. Seng
Ada beberapa bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa orang yang memiliki banyak jerawat juga memiliki kadar seng yang rendah di dalam tubuhnya. Para ahli menemukan bahwa seng dapat membantu mencegah timbulnya jerawat dengan menciptakan lingkungan yang tidak ramah bagi pertumbuhan bakteri P. acnes. Selain itu, seng juga dapat membantu mengatasi kulit yang sedang mengalami iritasi. Beberapa jenis makanan yang mengandung seng adalah kalkun, kacang almond, dan kacang Brazil.

3. Vitamin E dan Vitamin C
Kandungan berbagai jenis antioksidan yang dimiliki oleh vitamin E dan C dapat membantu "menenangkan" kulit. Beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin C adalah jeruk, lemon, jeruk bali,  pepaya, dan tomat. Sedangkan makanan yang mengandung vitamin E adalah ubi, kacang, minyak zaitun, biji bunga matahari, alpukat, brokoli, dan sayuran berdaun hijau.

4. Selenium
Selenium mengandung zat antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, saat dikombinasikan dengan vitamin E, selenium juga dapat membantu mengatasi jerawat. Beberapa jenis makanan yang mengandung selenium adalah ikan tuna, ikan salmon, bawang putih, kacang Brazil, telur, dan beras cokelat.

5. Asam Lemak Omega 3
Asam lemak omega 3 dapat menghambat molekul-molekul tertentu yang menyebabkan terjadinya proses peradangan di dalam tubuh, pemicu terjadinya berbagai gangguan kulit. Selain itu, asam lemak omega 3 juga dapat membantu proses penggantian kulit yang normal sehingga timbulnya jerawat pun dapat dicegah. Beberapa jenis makanan yang mengandung banyak asam lemak omega 3 adalah ikan salmon, ikan sarden, minyak flaxseed, kacang walnut, biji bunga matahari, dan kacang almond.

6. Air Putih
Tercukupinya kebutuhan cairan harian tubuh dapat membuat kulit Anda menjadi lebih kenyal dan sehat. Selain itu, mengkonsumsi cukup air putih juga dapat membantu membuang racun yang dapat menyebabkan terjadinya berbagai gangguan kulit. Air putih juga sangat penting bagi proses metabolisme dan penggantian sel-sel kulit.

0 Response to "6 Jenis Makanan Pencegah Timbulnya Jerawat"