Latest News

5 Tips Cara Jitu Lindungi Anak Dari Kekerasan

5 Tips Cara Jitu Lindungi Anak Dari Kekerasan
5 Tips Cara Jitu Lindungi Anak Dari Kekerasan - Anak adalah objek yang paling sering mengalami kekerasan. Anda sebagai orang tua atau memiliki saudara yang masih kecil tentu ingin anak Anda aman dan terhindar dari kekerasan dalam bentuk apapun dan oleh siapapun.
Untuk membantu melindunginya, maka Anda sebagai orang tua harus mengajarkan bagaimana cara melindungi dirinya agar terhindar dari kekerasan.

Berikut adalah 5 solusi jitu yang dapat Anda ikuti untuk mencegah terjadinya kekerasan pada buah hati Anda:

1. Ajari anak dalam melindungi diri
Ajarkan pada anak Anda bahwa tidak boleh ada seorang pun yang menyentuhnya dengan tidak wajar. Berikan pemahaman dan ajarkan anak untuk menolak segala perbuatan yang tidak senonoh terutama pada bagian intimnya. Ajarkan anak Anda untuk berani mengatakan masalah tersebut pada Anda apabila ada orang yang berusaha berbuat yang tidak pantas dan selalu menceritakan jika terjadi sesuatu pada dirinya. Ajarkan anak untuk tidak mudah mempercayai orang asing terutama orang yang baru dikenal.

2. Sekolah ikut berperan aktif
Waktu yang dihabiskan anak di sekolah cukup panjang. Sehingga sekolah juga harus berperan aktif dalam menjaga keselamatan para siswanya. Agar terjalin kerjasama yang baik bisa diadakan pertemuan-pertemuan antara orang tua para siswa dengan pihak sekolah. Dalam pertemuan ini maka akan memberikan kesempatan orang tua para siswa dan pihak sekolah untuk merancang lingkungan sekolah yang mendukung, memantau melindungi memberi rasa aman dan nyaman bagi anak akan sangat membantu proses mencari jati diri.

3. Mendekatkan diri dengan anak
Dewasa ini terjadi perubahan budaya antara jaman dulu dengan jaman sekarang. Hal ini bisa dikarenakan tontonan TV yang mulai tidak mendidik, mudahnya membuka situs internet yang tidak sesuai dengan usianya. Hal ini bisa mempengaruhi cara berpikir dan bersikap anak-anak Anda. Oleh karena itu usahakan untuk selalu mendekatkan diri dengan anak Anda, sesibuk apapun sisipkan waktu Anda untuk bertanya bagaimana kabarnya hari ini, bagaimana keadaan sekolah dan Anda bisa membantunya membuat pekerjaan rumah. Hal ini akan membuatnya merasa dirinya selalu nyaman dan terlindungi karena Anda selalu berada disampingnya.

4. Pembekalan Ilmu Bela Diri
Cara yang satu ini dapat menjadi salah satu solusi agar anak tidak menjadi korban kekerasan. Ilmu bela diri akan mengajarkan disiplin dan membentuk mental juga jasmani yang kuat, bela diri dapat digunakan untuk membela diri sendiri dari ancaman-ancaman yang ada. Namun Anda harus memberikan pengarahan bahwa ilmu bela diri dipelajari bukan untuk melakukan kekerasan dan merugikan orang lain.

5. Laporkan kepada Pihak Berwajib
Apabila memang terjadi kekerasan fisik, psikis, ataupun seksual maka yang harus dilakukan adalah segera melaporkan kepada pihak berwajib. Hal ini bertujuan agar segera diambil tindakan lebih lanjut terhadap tersangka dan mengurangi angka kejahatan yang sama terjadi. Korban kekerasan harus segera mendapatkan bantuan ahli medis serta dukungan penuh dari keluarga.
Kekerasan yang terjadi pada anak dapat menyebabkan perkembangan fisik dan psikis anak terguncang. Sehingga untuk Anda para orang tua harus selalu setia mendampingi dan memberikan dukungan untuk mencegah hal ini terjadi. Kepedulian dari orang-orang terdekat sangat dibutuhkan demi membantu anak untuk mendapatkan kehidupan yang baik di masa depan.

0 Response to "5 Tips Cara Jitu Lindungi Anak Dari Kekerasan"