Latest News

9 Manfaat Teh Hitam Bagi Kesehatan

9 Manfaat Teh Hitam Bagi Kesehatan
9 Manfaat Teh Hitam Bagi Kesehatan - Baik teh hitam, teh hijau, teh oolong, maupun teh putih terbuat dari tumbuhan Camellia sinensis. Akan tetapi, teh hitam memiliki rasa yang lebih kuat dan mengandung lebih banyak kafein dibandingkan dengan jenis teh lainnya. Manfaat teh hitam bagi kesehatan secara keseluruhan hampir sama dengan berbagai jenis teh lainnya karena memang dibuat dari tanaman yang sama.

Berikut 9 Manfaat Teh Hitam Bagi Kesehatan :

1. Menjaga Kesehatan Jantung
Teh hitam mengandung sangat banyak antioksidan, seperti flavonoid yang dapat mencegah terjadinya proses oksidasi kolesterol LDL, mencegah kerusakan dinding pembuluh darah, dan menurunkan resiko terjadinya penyakit jantung. Selain itu, flavonoid di dalam teh hitam ini juga dapat membantu melebarkan pembuluh darah koroner dan mengurangi pembentukan bekuan darah.

Polifenol di dalam teh hitam juga merupakan antioksidan yang sangat kuat. Mangan yang terdapat di dalam teh hitam juga dapat menurunkan resiko terjadinya penyakit jantung koroner dengan cara membantu meningkatkan fungsi otot-otot jantung.

2. Mencegah Kanker
Polifenol di dalam teh tampaknya dapat membantu mencegah terbentuknya berbagai karsinogen (suatu zat yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker) di dalam tubuh, terutama yang dapat menyebabkan terjadinya kanker indung telur, kanker paru, kanker prostat, kanker kolorektal (usus besar), dan kanker kandung empedu.

Penelitian lainnya menemukan bahwa teh hitam dapat membantu mencegah terjadinya kanker lambung dan kanker payudara. Hal ini dikarenakan sebuah komponen di dalam teh hitam yaitu TF-2 dapat menyebabkan sel-sel kanker mati dengan sendirinya (apoptosis) tetapi tidak mengganggu sel-sel sehat.
Sebuah penelitian lainnya mengenai kanker mulut menunjukkan bahwa mengkonsumsi teh hitam dapat menurunkan resiko terjadinya kanker ini secara signifikan, terutama pada perokok.

3. Menjaga Kesehatan Kulit
Berbagai antioksidan di dalam teh hitam dapat membantu mencegah terjadinya jerawat.

4. Menjaga Kesehatan Tulang dan Jaringan Ikat
Berbagai penelitian menemukan bahwa orang yang sering mengkonsumsi teh memiliki tulang yang lebih kuat dibandingkan dengan orang yang jarang mengkonsumsi teh. Para ahli menduga hal ini disebabkan oleh kandungan fitokimia di dalam teh.

5. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan
Tanin di dalam teh dapat membantu mengatasi gangguan lambung dan usus serta dapat membantu kerja saluran pencernaan. Tanin dapat menurunkan aktivitas usus sehingga dapat membantu mengatasi diare. Polifenol di dalam teh hitam juga memiliki efek anti inflamasi (anti radang) di dalam usus sehingga dapat membantu mengatasi gejala irritable bowel syndrome.

6. Menjaga Kesehatan Otak dan Sistem Saraf
Karena kandungan kafein di dalam teh hitam tidak sebanyak kandungan kafein di dalam kopi, maka kafein di dalam teh tidak menyebabkan peningkatan denyut jantung, tetapi tetap dapat meningkatkan aliran darah di dalam otak. Kafein di dalam teh hitam ini dapat meningkatkan fokus mental dan daya konsentrasi pada seseorang. Kafein di dalam teh hitam juga dapat membantu meningkatkan daya ingat Anda selama beberapa jam.

Berbagai penelitian menemukan bahwa asam amino L-teanin yang terdapat di dalam teh hitam dapat membantu membuat Anda merasa lebih rileks dan dapat meningkatkan daya konsentrasi.
Selain itu, teh hitam juga telah terbukti dapat menurunkan kadar hormon stress di dalam tubuh dengan hanya mengkonsumsinya secara teratur setiap harinya selama 1 bulan. Mengkonsumsi teh secara teratur diduga dapat membantu mencegah terjadinya penyakit Parkinson.

7. Meningkatkan Stamina
Mengkonsumsi kafein dalam jumlah sedang seperti yang terdapat di dalam teh hitam dapat membantu meningkatkan berbagai proses metabolisme di dalam tubuh, meningkatkan fungsi otak, dan meningkatkan kewaspadaan.

Berbeda dengan kafein di dalam kopi, kafein di dalam teh memerlukan waktu beberapa saat untuk menimbulkan efek pada tubuh Anda. Karena teh juga mengandung teofilin, maka kafein di dalam teh tidak hanya menstimulasi otak dan otot-otot tubuh, tetapi juga menstimulasi sistem pernapasan, jantung, dan ginjal Anda. Hal ini dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah Anda.

8. Menjaga Kesehatan Mulut
Para ahli menduga bahwa katekin, suatu antioksidan di dalam teh hitam dapat menurunkan resiko terjadinya kanker mulut. Polifenol dan tannin di dalam teh dapat berfungsi seperti antibiotika, yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri yang menyebabkan terjadinya kerusakan gigi. Selain itu, polifenol di dalam teh juga dapat membantu menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau mulut.

9. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Teh mengandung banyak tannin, yang melalui berbagai penelitian telah terbukti dapat melawan berbagai jenis virus seperti virus influenza, disentri, dan hepatitis. Katekin merupakan salah satu jenis tannin yang dapat membantu menekan pertumbuhan tumor. Selain itu, teh hitam juga mengandung antigen alkilamin, yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

1 Response to "9 Manfaat Teh Hitam Bagi Kesehatan"