Latest News

4 Tanda Tubuh Anda Kurang Serat

4 Tanda Tubuh Anda Kurang Serat
4 Tanda Tubuh Anda Kurang Serat - Masalah susah buang air besar atau sembelit pasti selalu dihubungkan dengan kurangnya mengonsumsi makanan berserat. Sebenarnya tubuh memang memerlukan makanan yang berserat setiap hari.

Asupan serat memainkan peran yang cukup penting bagi tubuh Anda. Terutama untuk membantu mengelola berat badan Anda sehingga bisa terhindar dari risiko penyakit jantung, diabetes dan beberapa penyakit kanker.

Inilah tanda-tanda yang harus diperhatikan ketika tubuh membutuhkan serat seperti dilansir laman Liputan6, Senin (5/9/2016)

1. Perhatikan bentuk feses
Selain sembelit, perhatikan bentuk feses atau tinja Anda. Jika bentuknya kecil atau keras seperti kerikil, itu pertanda Anda kurang makanan berserat. Menurut pendiri The Digestive Center for Women Robynne Chutkan, bentuk feses yang ideal seperti huruf A dan C atau lurus panjang.

2. Masih lapar setelah makan
Serat menggunakan banyak ruang dalam saluran pencernaan Anda. Itulah mengapa jika Anda cukup makan serat makan Anda sudah merasa kenyang dalam jangka waktu yang cukup lama. Sehingga, jika perut Anda lapar lagi setelah satu atau dua jam makan, itu tanda Anda tidak mendapat cukup banyak serat dalam makanan Anda.

Kembung dan mengantuk

3. Perut kembung
Terlalu banyak makan serat, perut akan terasa kembung dan tidak nyaman. Begitu pun dengan makan sedikit serat, Anda juga akan merasakan masalah yang sama. Itu karena serat menjaga semuanya dalam saluran pencernaan untuk tetap bergerak lancar dengan kecepatan yang tetap.

Tanpa serat yang cukup, semua "produk-produk" dari pencernaan bisa terjebak di sepanjang saluran cerna yang panjang tersebut. Inilah yang membuat perut terasa kembung dan sembelit.

4. Mengantuk setelah makan
Anda mungkin telah mengetahui bahwa makan terlalu banyak apalagi makanan manis bisa membuat Anda mengantuk setelah makan. Tetapi, jika Anda selalu mengantuk setelah makan, bisa jadi itu adalah pertanda Anda kurang makanan berserat.

Serat memainkan peran penting dalam membantu kadar gula darah Anda tetap stabil. Jika Anda sedikit makan apalagi kurang mengonsumsi serat, gula darah Anda akan mengalir lebih cepat dan kemudian runtuh. Inilah yang menyebabkan Anda merasa lesu atau lelah.

0 Response to "4 Tanda Tubuh Anda Kurang Serat"