Latest News

Bahaya Mengkonsumsi Keong Sawah Jika Salah Memasaknya



Bahaya Mengkonsumsi Keong Sawah Jika Salah Memasaknya.Buat kamu yang suka makan jenis siput sawah atau lebih dikenal dengan sebutan keong swah atau keong emas oleh beberapa orang memang enak untuk dikonsumsi, kandungan daging pada keong sawah juga tinggi. Mulai dari protein 12%, Kandungan Kabohidrat 30%, kandungan Kalsium 217 mg, Rendah kolestrol dan kandungan 81 Gram air pada jenis keong sawah ini. Lantas apa yang membuatnya menjadi bahaya untuk kesehatan tubuh kita ?

Kandungan nutrisi yang saya sebutkan tadi hanya beberapa persen saja yang masih diketahui oleh orang-orang, ada bagian zat lain yang belum sepenuhnya bisa di teliti oleh orang-orang, kandungan zat beracun misalnya yang ada dibagian ekor keong dan berwarna kuning atau merah muda. Itu salah satu bagian yang pahit dan memiliki kandungan racun yang berbahaya untuk tubuh, untuk itu kenapa orang yang sudah paham dalam pengolahan keong sawah akan selalu membuang bagian yang beracun ini.

Berikut ini adalah bahaya jika mengkonsumsi keong racun tanpa memahami dalam proses pengolahannya sendiri.

Keracunan

Yang pertama dalah keracunan, ada banyak orang yang keracunan karena terlalu banyak mengkonsumsi kaong sawah tanpa paham bagaimana cara mengolahnya dengan benar, biasanya pada proses pemasakan keong sendiri dan cara membersihkan keong yang benar, kandungan racun pada keong yang cukup tinggi ini juga akan menyebabkan orang yang memakannnya menjadi muntah-muntah, kemudian pusing dan juga bisa jadi menyebabkan sulit untuk mendapatkan oksigen. Terlebih jika sebelum itu keong sawah sudah diobat oleh pemilik sawah dan kita tidak tahu kemudian dikonsumsi begitu saja. Jelas akan mengandung racun yang begitu tinggi.

Menyebabkan cacingan
Keong Sawah juga bisa menyebabkan keracunan pada tubuh kita jika tidak dibersihkan dengan benar, yang mana pada keong sawah banyak sekali ditumbuhi oleh berbagai jenis hewan parasit karena pada padasarnya keong berjalan dengan menggunakan tubuhnya secara melata, wajar saja jika banyak parasit yang mudah menempal pada permukaan tubuh keong, dan ini yang menyebabkan orang-orang yang mengkonsumsinya menjadi cancingan.

Infeksi Kronis

Penyakit satu ini disebabkan oleh cacing Shicosnia yang berada didalam tubuh keong Sawah, jika terus berlanjur maka penyakit ini akan menyebabakn komplikasi ke penyakit lain seperti diare, kemudian disentri, dan penyakit lainnya. Untuk itu jika ingin mengkonsumsi Keong sawah pastikan membuang bagian berwarna kning dan membersihkan dengan benar pada bagian tubuh keong. Infeksi cacing ini lebih mudah masuk ke daalm tubuh, ada beberapa jenis yang tahan terhadap panas.

Miningitis

Kemudian jenis penyakit yang berbahaya jika mengkonsumsi Keong sawah dan tidak paham bagaimana proses membersihkannya maka yang akan terjadi bisa menyebabkan minginitis yang disebabkan oleh Angiostrongylus Cantonensis. Untuk itu dalam proses membersihkan dan memasak keong sawah harus benar-benar dalam keadaan yang bersih dan benar matang.

Cara untuk mengolah dan memasak Keong Sawah

1. Ambil dan masak keong dengan ukuran yang besar, agar mudah untuk dibersihkan dan mudah dipilih mana bagian yang layak untuk dikonsumsi

2. Kemudian yang kedua buang bagian yang berwarna kuning atau mrah muda pada tubuh keong

3. Rebus keong pada air yang mendidih selama beberapa menit, proses ini dilakukan untuk membunuh parasit dan bakteri kontaminan serta racun yang ada ditubuh keong

4. Tiriskan keong dan masak sesuai dengan selera kamu hingga benar-benar matang

5. Selesai

Itulah bahaya jika mengkonsumsi keong sawah tanpa pengolahan yang benar, semoga bermanfaat yah.


0 Response to "Bahaya Mengkonsumsi Keong Sawah Jika Salah Memasaknya"