Latest News

Gejala Penyakit Diabetes Melitus

Gejala Penyakit Diabetes Melitus - Artikel Kesehatan - Diabetes yaitu penyakit yang cukup mematikan. Kebanyakan penderita diabetes sebenarnya meninggal bukan karena penyakit diabetes secara pribadi melainkan akhir dari komplikasi yang ditimbulkan olehnya.

Pengertian Penyakit Diabetes Melitus

Gejala Penyakit Diabetes Mellitus

Apa itu Diabetes? Diabetes yaitu penyakit yang muncul akhir ketidakmampuan tubuh penderita mengontrol kadar gula dalam darah akhir dari fungsi hormon insulin tubuh terganggu. Kadar gula darah tidak terkontrol menyebabkan gula darah dalam tubuh meningkat dan malah menjadi racun bagi tubuh.

Diabetes disebut juga penyakit kencing gula. Mengapa? Karena tubuh penderita akan berespon dengan mengeluarkan gula melalui urin. Sehingga urin penderita bila terkandung gula akan mengalami gejala gila 'dikerubutin' semut.

Gejala Penyakit Diabetes Melitus

Nah berikut ini yaitu Tanda tanda seseorang terkena penyakit diabetes atau penyakit gula.

Kulit Terlihat Kusam

Dari kulit , penderita diabetes biasanya memiliki kulit terlihat kusam. Kenapa hal ini dapat terjadi?

Penderita diabetes biasanya sangat resisten kepada hormon Insulin. Keadaan ini dapat menyebabkan keganjilan pada kulit penderita berupa kulit yang kusam dan gelap. Namun apabila gula darah si penderita sudah terkontrol dan dalam jumlah normal , maka gejala ini akan hilang dengan sendirinya.

Luka Sulit Sembuh

Penderita diabetes perlu berhati hati terutama jikalau terluka. Selain kulit mengering dan mudah lecet , bila terluka si penderita diabetes akan sulit sembuh.

Dan yang lebih parah dengan kadar gula yang melewati batas , maka luka tersebut bisa terus basah dan membusuk. Hal ini berbahaya sekali bagi penderita diabetes.

Sering Buang Air Kecil

Orang yang kemungkinan menderita diabetes biasanya kekurangan insulin untuk memproses gula darah. Dan ginjal menjadi bekerja lebih keras lagi untuk membuang gula tersebut.

Efeknya yaitu gula akan menarik lebih banyak air dari darah untuk membuang gula atau glukosa tersebut. Nah air inilah yang kemudian menjadi berlebih dan kesudahannya penderita akan sering buang air kecil , terutama pada malam hari.

Haus Berlebihan

Berkaitan dengan gejala sebelumnya , bila sering buang air kecil maka tubuh akan merespons kembali dengan rasa haus berlebih.

Penderita akan terus merasa haus meskipun beberapa menit sebelumnya sudah minum. Hal ini karena tubuh menarik banyak air untuk menghancurkan gula dalam darah yang jumlahnya berlebih. Sehingga diperlukan juga air dalam jumlah banyak.

Pandangan Kurang Jelas

Diabetes efeknya beragam bahkan hingga ke mata. Mata si penderita akan mengalami gejala pandangan kurang terang dan kabur.

Mengapa bisa begitu? Kadar gula darah tinggi di atas normal menyebabkan pembuluh darah kapiler di retina mata rusak dan kesudahannya terang pandangan si penderita menjadi kabur.

Penurunan Berat Badan Secara Tiba Tiba

Penderita biasanya mengalami berat badannya turun drastis secara tiba tiba. Hal ini karena tubuh yang sudah terganggu akhir gula dalam darah tinggi tidak bisa lagi mencerna nutrisi makanan dengan baik sehingga kesudahannya secara fisik yaitu penurunan berat badan yang tiba tiba.

Sering Kesemutan

Tingginya gula dalam darah menimbulkan banyak sekali macam dampak salah satunya yaitu kesemutan. Kesemutan tanpa karena yang terang bisa terjadi pada penderita biasanya di tangan dan kaki. Hal ini sangat mengganggu.

Mudah Lemas Letih Lesu

Kadar gula dalam darah tinggi akan bersifat racun bagi tubuh. Tubuh mirip ini akan menjadi cepat lelah letih dan lesu. Anda perlu curiga dan waspada bila baru saja beraktivitas sebentar Anda sudah merasa lelah yang amat sangat.

Gejala gejala di atas dapat menjadi indikator apakah Anda sudah mulai masuk ke penyakit diabetes atau tidak. Jangan hingga hal hal di atas terjadi pada Anda. Pola makan sehat , rajin berolahraga , dan kurangi asupan gula dalam banyak sekali bentuk dapat mencegah penyakit gula terjadi pada diri Anda. Anda juga dapat membaca Macam Macam Batuk dan Obat Batuknya

0 Response to "Gejala Penyakit Diabetes Melitus"